Selasa, 04 Juni 2013

Cara pasang gacun pada regulator tv dan dvd

Cara 1
bagi kawan2 yang belum tahu cara pasang gacun saya akan coba berbagi caranya

A.angkat ic regulator yang asli pada mesin
B perhatikan jalur pada regulator, lihat
trafo converter, cari jalur 300volt+
yang masuk ke trafo, dan yang arah ke str asli ( kolektor )
C.pasang kabel warna merah gacun di kaki kolektor str ( 300+out trafo cvtr)
D.pasang kabel hitam pada ground
E.colok listrik, dan ukur tegangan output ( 115 volt )
F.bila tegangan kurang atau ndut2 an trim trimpot pada gacun pelan2 sampai tegangan
tidak drop atau sesuai kebutuhan
G.perhatikan gambar pada tv, bila newstiker metro tv sudah pas artinya tegangan udah
bagus
H.terakhir standby kan tv pada remot dan ukur lagi teg.115+ bila tagangan melonjak
ke 150 volt, ganti elko 200/160 jadi 220/200 biar aman

segitulah pemasangan gacun, kurang lebihnya mungkin ada yang bisa nambahin rekan2
teknisi

cara 2

Power Supply Gacun


Kit Power SUpply Gacun adalah Sebuah terobosan yang sangat berguna. Regulator apapun dan bagaimana pun selama trafo converternya masih bagus, Kit ini dapat bekerja dengan baik untuk menggantikan rangkaian regulator aslinya. Dengan membuang habis semua jalur rangkaian regulator asli (tentunya yg sudah rusak dan tidak dapat di repair lagi) bagian primer,dan kita hanya perlu dua titik pasang.Yaitu pin trafo yang terhubung dengan tegangan input ( VCC) biasanya 300v,dan pin yang menuju ke collector Transistor /IC regulator.

Cara pemasangan nya adalah sangat mudah .Regulator gacun hanya mempunyai tiga (3) jalur kabel; Kabel Merah adalah VCC input yang nantinya dipasang pada titik trafo yg menuju collector TR/IC regulator. Kabel hitam adalah ground ( negative) dan Kabel Biru adalah  ke jalur Optocoupler, untuk feedback ( pendeteksi perubahan tegangan output, kabel ini bisa dipasang atau pun boleh dibiarkan saja. 
*) Pada Prakteknya, saya tidakpernah memasang kabel Biru ini.
 
 Jangan di copot capasitor dan resistor yg berada dijalur VCC ke collector ( kapasitor/resistor osilasi trafo biasanya mulai 680pF-2n2F/2KV).

Putar trimpot gacun pada posisi minimum ke kiri habis ( CCW ).hidupkan power supply.dan atur tegangan output regulator sebagaimana mestinya. TV biasanya 115V untuk B+ nya.5V untuk regulator DVD dsb.
Cara Pasangnya berikut ini :
 Cukup mudah bukan? yaaa itung itung klu beli IC mahal..tapi ini hanyalah sebagai option teraklhir saja 









Perbaikan Regulator  Gacun

kerusakan modul switching regulator serbaguna / Gacun biasa disebabkan beban terlalu berat, overheat/panas berlebih, konslet pada bagian sekunder, salah pemasangan dsb.



Pada gambar komponen yang dilingkari adalah komponon  yang sering terjadi dan beruntun. Memang begitu adanya apabila terjadi kerusakan short pada FET (Q1) arus tegangan akan mengalir langsung ke R2 dan R2 akan putus karena kelebihan beban, dengan putusnya R2 mengakibatkan arus tegangan mengalir lagi pada R3, karena R3 mendapat supply tegangan yang besar mengakibatkan r3 dan IC rusak.
 
Berikut Skemanya Ekuivalentnya:

 kesimpulan :
- jika kerusakan FET (Q1) short dan R2 putus kemungkinan besar R3    dan IC rusak dan harus dilakukan penggantian pada Q1, R2, R3 dan IC
- namun jika R2 tidak putus / masih baik komponen yang lain juga baik. dan bisa dilakukan penggantian hanya pada Q1.




Bilamana sudah tidak bisa di perbaiki lagi, mending beli yg baru saja. lagian tidak terlalu mahal khan? daripada waktu anda terbuang percuma. ingat Waktu adalah uang!!....... ck ckck

Catatan + Saran: Jika anda mencoba memperbaiki Blok Gacun ini tetapi Komponen Q1/FEt susah mendapatkan di toko, anda bisa menggunakan FET eks Monitor Komputer yang masih bagus, karena rata-rata monitor komputer menggunkan Blog Switching/PowerSuplay sama seperti cara kerja GACUN ini. Entah , Apa Gacun yang mengikuti Blok rangkaian seperti ini....
Cara 3
cara pemasangan :
- Matikan system Oscilator rangkaian yang akan diganti, dengan cara memutuskan jalur dari tarfo yang menuju kolektor Transistor, Fet atau STR dan semua pin pada bagian primer trafo yang menuju Oscilator.
- Kabel berwarna merah pada modul switching sambungkan ke pin trafo yang menuju jalur kolektor yang telah diputus.
- Kabel berwarna hitam sambungkan ke pin emitor / ground primer switching.
- Kabel bewarna biru bisa disambungkan langsung pada pin no. 4 fotocoupler (yang terlebih dahulu jalur diputus dan pin no. 3 fotocoupler digroundkan) namun jarang sekali system fotocoupler ini bisa bekerja dengan benar maka bisa juga kabel biru dibiarkan saja / tidak dihubungkan sama sekali
- setelah pemasangan selesai ada baiknya jalur output B+ dilepas / dipotong terlebih dahulu untuk menyesuaikan besar tegangan yang dibutuhkan dengan cara memutar trimpot yang sudah tersedia pada modul switching.
dalam pemasangan modul switching pada regulator yang perlu diperhatikan adalah rangkaian RC harus disesuaikan dengan karakter modul, nilai Resistor 22 - 47 ohm (5Watt) dan Capasitor 470 - 1000pf  (1KV - 2KV),
sebagai tambahan untuk menghindari panas berlebih / overheat dan menjaga ketahanan modul, bisa dilakuakn pemasangan diatas spec modul misal Tv 21" pasang modul 25", 25" pasang modul 29" dan seterusnya.
Cara 4

Pemasangan Astelo Regulator FET

Contoh cara pemasangan modul switching astelo / gacun pada regulator yang menggunakan FET yang sering digunakan pada mesin Tv Polytron, Digitec, dll


Cara 4

Pemasangan Astelo Regulator STR

Contoh cara pemasangan modul switching astelo / gacun pada regulator yang menggunakan STR yang sering digunakan pada mesin Tv LG, Sharp, Goldstar dll.
Copas from
http://fanselektronic.blogspot.com/2011/12/regulator-astelo-gacun.html

Tidak ada komentar: